Pengalaman Sekaligus Biaya Snorkeling di Pantai Nglambor Yogyakarta

Pengalaman Sekaligus Biaya Snorkeling Pantai Nglambor Yogyakarta – Haiiii.. kali ini Saya hadir dengan cerita tentang pengalaman pertama Saya snorkeling di Pantai Nglambor, Yogyakarta. Sebelumnya Saya googling serta explore per-hestek-an pantai di Instagram dalam rangka memilih pantai yang akan Saya kunjungi di Yogyakarta nanti. Dan pilihan pun akhirnya jatuh pada Pantai Nglambor.

Bulan April 2017 silam, Saya berkesempatan untuk mengunjungi Yogyakarta bersama teman – teman. Awalnya sih hanya perbincangan selewat, eh akhirnya beneran jadi serius deh. Hehehe Dikarenakan ingin mendapatkan pengalaman yang luar biasa beda saat ke jogja. Akhirnya diputuskanlah untuk snorkeling di Pantai yang ada di Jogja nanti. Maklum, orang Bandung ga punya Pantai jadi rasanya ngeliat pantai itu sesuatu sekali hihihi

Bagi teman – teman yang ingin berkunjung ke Pantai Nglambor di Yogyakarta tentu diharapkan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak akan ada kendaraan umum yang bergerak ke jalur pantai. Waktu itu, Saya memutuskan untuk menyewa motor. Lumayan kok murah nyewa motornya. Sehari tarifnya Rp. 60.000,-

Mungkin next time bakalan bikin postingan tentang itinerary liburan di Jogja 3 hari 2 malam dengan uang Rp. 500.000,- saja hehehe dan itu udah termasuk jalan – jalan kesana kemari. Pokoknya asyik banget deh *malah spoiler duluan

Balik lagi ke cerita tentang pengalaman sekaligus biaya snorkeling Pantai Nglambor. Nah, singkat cerita Saya melanjutkan perjalanan bersama teman – teman ke Gunung Kidul. Untuk Harga Tiket Masuk ke Pantai Nglambor cukup membayar Rp. 5000,- saja. Selanjutnya, pas sampai di Pantai Nglambor nanti kita akan dihampiri oleh seseorang yang menawarkan diri sambil bertanya: “Mau snorkeling Mbak, Mas?”

Namun, sebelum berkunjung ke Pantai Nglambor. Saya sudah lebih dulu searching tentang penyedia jasa snorkeling yang ada di Pantai Nglambor . Dan waktu itu, Saya menggunakan jasa Bintang Nglambor Snorkeling (BNS). Jadi, ketika bapak-bapak itu menawarkan snorkeling kepada Saya. Saya jawab bahwa Saya mau menggunakan jasa BNS.

Ciri dari basecamp BNS sendiri di cat dengan warna hijau yang cukup terang. Selanjutnya, Saya sampai di gubuk ijo BNS demikian sebutan untuk basecamp BNS. Saat itu, Saya sampai di Pantai Nglambor sebelum jam makan siang.

Bintang Nglambor Snorkeling

Dan saat berada di BNS, Saya belum bisa langsung snorkeling. Soalnya melihat kondisi ombak terlebih dahulu. Disana Saya langsung mempersiapkan diri dan ganti baju untuk snorkeling. Pastikan outfit tetep keren juga ya meskipun mau snorkeling wkwwkk

Fasilitas dan Biaya Snorkeling Pantai Nglambor di Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) : Rp.50.000,-

Include:

• Pelampung
  • Pemandu

Exclude:

• Mandi (Bayar Rp.3000,-)

Menurutku biaya snorkeling pantai nglambor di BNS ini cukup terjangkau terlebih lagi ramah sekali pelayanannya, ketika datang Saya disuguhi minuman. Dikarenakan naluri kekanak-kanakkan Saya muncul kembali. Waktu itu sambil menunggu untuk snorkeling, Saya main air di Pantai Nglambor. Ombaknya cukup dahsyat pemirsa wkwkw tapi ya seru gitu. Cuma kurang cocoknya bermain air gugulitikan di pantai nglambor karena di pinggirnya itu masih banyak bebatuan.

Selain bermain air juga disana Saya sempat berfoto di salah satu booth love di pantai Nglambor. Tak terasa 1 jam pun berlalu. Tiba giliran untuk snorkeling bersama puluhan orang lainnya. Pertama-tama, setiap yang mau snorkeling di perkenankan memilih pelampung, alat snorkeling dan sepatu yang mau dikenakan.

Booth narsis di Pantai Nglambor

Lalu setiap orang yang mau snorkeling dikelompokan masing-masing dengan tiap kelompok berjumlah maksimal 5 orang. Lalu disuruh foto di depan booth robot gitu. Jadi ceritanya di Pantai Nglambor ada jelmaan transformer wkwkwk

Halo Bumblebee 😀

Kemudian semuanya berbaris rapi dan siap snorkeling. Setelah diamati lebih jeli, kenapa sih tempat nglambor ini nyaman untuk snorkeling adalah karena pantai ini dihalangi oleh dua bebatuan yang besar. Jadi ada batu besar semacam penghalang antara tepi pantai dengan tengah laut. Uniknya dua batu ini mirip dengan bentuk kura-kura.

Nah, saya pun udah siap untuk nyemplung. Namun, dodolnya kenapa ini alatnya ga pakem gitu. Air lautnya masuk berkali-kali saat Saya pake untuk snorkeling. Eh rupanya masangnya ga bener jadi aja rada longgar wkwkwk

Traveling Squad – (Dari kiri ke kanan) Widya, Sandra, Kak Dodo, Teh Dinda

Pada jam – jam siang gini emang matahari lagi terik-teriknya banget. Ditambah ombaknya cukup menggoyang jiwa-jiwa yang lagi snorkeling. Serius deh pas snorkeling mau difoto susah banget dapet pose yang pas dan aduhai instagramablenya. Seringkali terombang ambing ombak yang seakan lagi ngaheureuyan alias ngejailin.

Anytime, you can gogoleran 😀

Tapi serunya luar biasa. Kita ngerasain rasanya kaya kita punya kasur yang luasnya itu seluas hamparan samudra *halah aslinya Saya menikmati banget diombang ambing ombak. Sampe – sampe saya berulang kali ngelawan arus ombak. Tapi seringkali ombak membawa Saya menuju tepi pantai hehehe

Helllaw ikan…
Muka antagonis wkwwk

Oh iya, panoramanya bagus banget. Di dalam Pantai Nglambor ini Saya bisa melihat ikan – ikan bolak balik kesana kemari. Panorama bawah lautnya indah banget. Oh iya teman – teman yang belum bisa berenang ga perlu khawatir karena kita ga snorkeling di kedalaman kok. Kedalamannya kurang dari 2 meter. Dan ikan yang ditemui saat itu ikan-ikan laut yang cocok banget nampang di aquarium hehe

Pas snorkeling liat banyak ikan tapi tak satupun yang berhasil aku ajak foto bareng karena ombaknya ga stabil wkwkwk padahal maunya kaya gini fotonya – Sumber: @pantai_nglambor

Tips Snorkeling Bagi Pemula atau Bagi yang Belum Bisa Berenang :

• Gunakan celana panjang atau celana khusus renang untuk meminimalisir rasa sakit apabila kaki terkena batu karang tanpa sengaja saat snorkeling.
  • Gunakan sepatu berbahan karet, jangan gunakan sepatu kets karena nantinya akan cepat rusak
  • Pakai peralatan snorkeling dengan baik dan benar. Jangan sampe terlalu sempit maupun terlalu longgar karena nantinya malah kemasukan air
  • Pastikan untuk tetap berkumpul dengan satu kelompok, jangan sampai memisahkan diri
  • Jangan panik kalau tubuhmu diombang-ambing oleh ombak. Nikmati dan rasakan saja sensasinya
  • Maklumi aja kalau lagi snorkeling itu kita ngerasain di dalam laut berisik banget wkwkwk
  • Latih pernapasan dengan alat snorkeling, karena saat snorkeling kita bernafas melalui mulut. Bisa dengan melakukan test menenggelamkan diri dulu. Memastikan agar kita merasa nyaman di dalam air
  • Perhatikan lingkungan sekitar, hati-hati dengan batu karang
  • Jangan merusak ekosistem bawah laut
  • Snorkeling lebih baik bila dilakukan sore hari karena ombak lebih tenang

Saking asyiknya nyantai sambil snorkeling sampe ga kerasa 2 jam berlalu. Lelah luar biasa karena kesana kemari saking excitednya. Setelah 2 jam berlalu, Saya dihampiri sama mas – mas fotografer yang menawari jasa pemotretan.

Karena view nya bagus banget akhirnya Saya pun mau di foto. Hasil fotonya ciamik banget tapi sayangnya kalo mau ditebus soft file nya harus bayar Rp. 5000,-/foto wkwkwk setelah bernegosiasi dan memilih foto dengan seksama. Akhirnya Saya memutuskan untuk menebus 6 foto aja. Jadi totalnya Rp. 30.000,-

Setelah menebus foto, Saya memutuskan untuk mandi dan berjemur di bawah sinar matahari. Jangan ditanya deh, pokoknya kulit jadi kering banget karena efek air laut dan juga jadi kusam karena panas-panasan hehehe

Baca: Melihat Batu Karang Purba di Stone Garden Citatah Padalarang Bandung Barat

Setelah diperhatikan lebih jeli, enak banget ternyata yang snorkelingnya sore hari. Bisa lebih tenang saat di foto wkwwkk beda banget sama Saya pas snorkeling siang hari. Ombaknya lagi semangat banget hehehe dari situ, Saya jadi tau kalo snorkeling lebih baik sore hari aja.

Thank you Pantai Nglambor 😀

Abis snorkeling dan menikmati suasana di Pantai Nglambor, Saya selanjutnya langsung on the way ke Pantai Wedi Ombo buat lihat sunset. Letaknya ga terlalu jauh dari Pantai Nglambor. Kenapa Saya lihat sunsetnya disana? Karena menurut penelusuran, sunset di Pantai Wedi Ombo indah banget dan bakalan bikin jatuh hati. Nanti aku tulis di postingan selanjutnya ya. Makasih bagi yang udah baca artikel tentang pengalaman sekaligus  biaya snorkeling Pantai Nglambor, Yogyakarta dari Saya. See you!