Wisata

Chinatown Bandung, Tempat Wisata Pecinan di Bandung

Chinatown Bandung, Tempat Wisata Pecinan di Bandung – Sebenarnya Saya tidak tahu pasti kapan bangsa Tionghoa mulai datang ke Bandung khususnya. Tapi menurut tulisan di sebuah situs infobdg yang pernah Saya baca, menyebutkan kalau bangsa Tionghoa datang ke Bandung ketika ekspedisi Laksamana Haji Muhammad Cheng Hoo pada tahun 1405-1433

Sejak saat itu, bangsa Tionghoa mulai menghuni Bandung dan tinggal di sekitaran Jln. Suniaraja, Pasar Baru hingga meluas ke daerah Cibadak, Jln. Klenteng dsb. Nah, di daerah Jln. Klenteng pun di bangun sebuah Vihara bernama Vihara Satya Budhi.

Pembangunan Vihara tersebut membuat nuansa pecinan semakin terasa. Dan belum lama ini, Saya berkunjung ke salah satu tempat wisata pecinan di Bandung yakni Chinatown Bandung. Mengingat saya tinggal di daerah Kalipah Apo dan rasanya penasaran juga sih kalo belum ke chinatown mengingat tempatnya dekat dari kosan hehehe

rute menuju chinatown bandung-min
Counteri Ticket di Chinatown Bandung

Jarak dari Kalipah Apo ke Chinatown sendiri cukup singkat kurang lebih hanya 10 menitan. Bisa mengambil jalur lurus lewat Jalan Sudirman. Sesampainya disana, Saya merasa lapar hehe dan disekitar Chinatown kebetulan ada rumah makan padang yang bernama Kito Cubo. Jadi Saya pun mampir kesana untuk menghilangkan rasa lapar.

Saya pun dilayani oleh akang-akang bermata sipit nan berkulit putih di rumah makan padang tersebut. Wah, nampaknya saat itu saya merasa seperti berada di luar negeri khususnya ada di China. Hehehe dan di sepanjang jalan dekat Chinatown juga saya melihat banyak anak sekolahan berkeliaran.

Ternyata memang Chinatown Bandung ini letaknya berdekatan sekali dengan sekolah dasar maria bintang laut. Yang mana, di sekolah tersebut sepertinya kebanyakan muridnya etnis tionghoa. Soalnya sih saya selama lewat-lewat di Chinatown tidak melihat murid sekolahan yang wajahnya nyunda pisan kaya saya wkwkwk

Oke fix balik lagi ke rumah makan padang, saya pun akhirnya menghabiskan makanan saya. Karena yaaa, ga sabar juga sih pengen masuk ke Chinatown Bandung. Di counter tiket saya pun membeli tiket masuk ke Chinatown Bandung. Ternyata harga tiket masuk chinatown bandung hanya 10ribu saja.

harga tiket masuk chinatown bandung
Tiap beli ticket di chinatown, dapet gantungan kunci dari Chinatown Bandung

Setelah membayar tiket, kita akan mendapatkan kertas tiket dan juga gantungan kunci. Wah, lucu banget lagi gantungan kuncinya, mengusung warna merah oriental yang khas. Dan mbak-mbak penjaga tiket chinatown bandung pun memberitahu saya bahwa transaksi di area chinatown hanya bisa dilakukan secara non-tunai. Menggunakan debit atau bisa juga dengan top-up flazz.

Saya pun mengiyakan, lalu masuk ke dalam dengan damai wwkkwk. Baru saja melangkahkan kaki beberapa senti dari pintu masuk, Saya sudah disambut dengan nyanyian berbahasa mandarin yang tidak saya ketahui maknanya. Sedikit mengingatkan saya dengan film jet li. Hehe

chinatown bandung buka jam berapa

Saya pun berkeliling di area Chinatown yang berlokasi di Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung. Ternyata memang banyak sekali yang saya temukan. Mulai dari gerai kuliner yang jual macam jajanan dan minuman seperti batagor, jus, baso tahu, kembang tahu dsb hingga saya juga bertemu dengan toko yang menyewakan kostum china-chinaan.

Saya ga tau pasti apa nama bajunya, Cuma baju ala-ala permaisuri di china gitu. Bajunya kurang lebih mirip dengan bajunya dewi quan-in di film kera sakti. Tapi baju yang disewakan ga cuma satu warna, ada banyak warna dan saya lihat orang-orang yang menyewanya pun juga cantik-cantik. *gagal fokus* wkwkkwk

chinatown bandung tiket masuk

Kebetulan lagi pas kesana juga lagi banyak fotografer yang hunting. Jadinya memang saya ga terlalu bebas berekspresi mau narsis dimana aja. Padahal saya kesananya weekday hari Selasa tepatnya hehehe

Selain ada tempat sewa kostum di Chinatown, disana juga ada Musholla, toilet, playground yang mana tiketnya harus bayar lagi untuk bisa masuk playground. Lalu ada toko pernak-pernik, oleh-oleh bandung, permainan nangkap ikan yang kaya di pasar malam dsb.

Disini memang saya lebih tertarik sama spot yang khas cina-cina nya itu lho hehehe ada satu spot dimana tersedia sepeda tua, topi petani dan juga jendela yang sebagian kacanya ditempeli koran berbahasa china.

Dan spot yang jadi rebutan di Chinatown adalah jembatan yang ada di atas kolam ikan koi nya lho wkwkkwk. Mau foto disana aja, Saya harus nunggu dulu karena banyak teteh-teteh yang narsis. Setelah cukup sepi, saya pun menguasai spot foto itu sendiri yang berujung narsis dengan jepretan berulang kali hehe

jam buka chinatown bandung

Memang sih, di spot ini tuh nuansa china nya dapet banget. Apalagi di atas jembatan ini cukup rimbun karena ditumbuhi oleh pohon-pohonan yang entah apa itu namanya tapi mirip bambu permukaan daunnya tapi kenyataannya bukan bambu.

Setelah berlelah-lelah narsis, saya pun mencoba untuk membeli minuman yang ada di Chinatown. Minuman yang saya beli namanya Strawberry and Creme. Enak banget untuk menghilangkan dahaga akibat kepanasan selama di Chinatown.

menu makanan di chinatown bandung
Strawberry and creme

Dibagian atasnya ada whipcream dengan taburan marshmallow dan manisan berwarna pelangi. Kemudian di bagian bawahnya ada strawberry yang di jus. I love it! Nah, kalo minuman sandra ini namanya Jackfruit. Saya ke chinatown nya sama Sandra hehe… Oh iya, Minuman Jackfruit ini lebih ke jus mangga yang diatasnya dikasih topping whipcream dan potongan mangga berbentuk dadu.

harga makanan di chinatown bandung
Jackfruit

Harga kedua minuman ini Rp. 27.500,- saja. Dan saya membayarnya menggunakan debit BCA. Lumayan memudahkan juga nih transaksi non-tunai. Jadinya ga perlu keribetan diri ngeluarin uang cash satu persatu. Cukup keluarin satu kartu debit aja.

Baca: Cantik Banget Hamparan Pasir Berbisik di Bromo, Bisa Bikin Video Klip Disini Nih!

Overall, cukup seneng bisa berkunjung ke Chinatown Bandung. Untuk yang pengen dapet pengalaman wisata yang beda dan ga gitu-gitu aja. Bisa coba kesini nih, lumayan juga venue nya cukup instagramable buat narsis-narsisan hehehe

harga tiket chinatown bandung-min
Pintu keluar dari Chinatown Bandung

Alamat Chinatown Bandung: Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40182

Jam buka Chinatown Bandung:

Jumat 11.00–22.00
Sabtu 11.00–23.00
Minggu 10.00–22.00
Senin 11.00–22.00
Selasa 11.00–22.00
Rabu 11.00–22.00
Kamis 11.00–22.00

Instagram: @chinatownbandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *