Wisata

Indah Banget! Ternyata Curug Cimahi Tidak Seseram Mitos yang Mengikutinya

Indah Banget! Ternyata Curug Cimahi Tidak Seseram Mitos yang Mengikutinya – Beberapa waktu lalu, saya ingin mencoba menjajal tempat wisata baru dan diputuskanlah mengunjungi curug cimahi yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi No.325, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551

Sebetulnya, waktu itu Saya tidak ada niat kesana, Cuma memang lagi sering cari-cari referensi tempat wisata di sekitaran Bandung hehe. Bak gayung bersambut, temen saya citra tiba-tiba ngajak jalan bareng ke curug cimahi.

Yaudah deh, akhirnya sayapun meluncur kesana dengan sepeda motor hehe waktu itu kita pergi berempat tapi masing-masing janjian di lokasi. Saya pergi dengan Sandra dan citra pergi dengan pacarnya.

mitos curug cimahi
250-an anak tangga yang fenomenal wkwkw

Sesampainya disana, saya makan dulu di warung makan yang ada di curug cimahi. Dan bisa dibilang harganya cukup terjangkau. Saya makan disana tidak sampai menghabiskan uang Rp. 15.000,- karena saking hematnya harga makanan disana.

Masalah menu makanannya apa, saya lupa lagi pesan apa waktu itu hahaha oh iya balik lagi, saya makan sambil nunggu citra sampai di lokasi. Untungnya, setelah saya selesai makan, citra dan pacarnya baru sampai di curug cimahi.

Alhasil, sayapun langsung membeli tiket masuk ke curug cimahi. Dan mau tau berapa harga tiket masuk curug cimahi? Harga tiket masuk curug cimahi itu Rp. 15.000,- belum termasuk parkir motor. Untuk parkir motor, bayar lagi RP. 2000,-

Tidak seperti kebanyakan curug, dimana kita bisa langsung memanjakan mata di depan air terjun secara langsung tanpa bersusah payah. Curug cimahi justru menawarkan yang sebaliknya, untuk sampai di curug cimahi, kami yaitu Saya, Sandra, Citra dan Aa Anton harus menempuh anak tangga sebanyak 250-an anak tangga. Gempor.. gempor dah! Hahaha

Yang lebih mengejutkan, citra saat itu menggunakan boots yang ada hak tinggi. Wah, lumayan ya sesuatu banget. Dan saat itu saya pakenya sepatu sneakers aja. Upaya untuk turun memang terbilang mudah dan menyenangkan.

Sesekali sempat berhenti dan hampir aja disamperin monyet! Ternyata, saya baru tau lho kalo disini lingkungannya masih alami banget. Masih suka ada hewan liar termasuk monyet diantaranya. Bahkan saya juga sempet liat burung elang lho.

Detik demi detikpun berlalu, saya yang akhirnya bisa sampai di Curug Cimahi pun merasa bahagia luar biasa! Akhirnya perjuangan untuk sampai disana, bisa terwujud juga. Disana saya langsung deh foto-foto sepuasnya. Lumayaaan, buat ngerapihin feed instagram hahaha

Saya suka banget disini, bisa dapet foto yang bagus. Kebetulan cahayanya juga lagi mendukung. Saya pun sakali ewang alias saling bergantian untuk memotret satu sama lain. Cuma ngga lama kemudian, tiba-tiba ujan turun begitu saja tanpa aba-aba.

harga tiket masuk air terjun pelangi cimahi

Saya pun langsung berteduh di sebelah warung. Ini bukan warung tempat makan yang tadi ya. Tapi ternyata di lembah alias deket banget sama curug cimahinya itu ada warung juga. Jadi ga perlu khawatir bagi yang kelaperan selama di curug tetep bisa makan.

Sambil nunggu ujan reda disamping warung, eh saya iseng tentang mitos curug cimahi. Kaget dong kalo ternyata tempat ini punya mitos tersendiri. Menurut mitos, katanya orang pacaran ga boleh berkunjung ke curug cimahi karena nantinya hubungannya suka kandas. Wallahu’alam.

harga tiket curug cimahi

Tapi eh ternyata, disinggung di web yang lagi saya baca tersebut, kalo kandas disini tuh maksudnya adalah akibat dari perbuatan buruk yang kita lakukan selama di curug cimahi. Misalnya kita berbuat yang tidak-tidak disekitar curug cimahi lalu mengganggu ketentraman disana. Yah, abislah kita digebukin warga.

Namun diluar dari mitos yang berkembang di masyarakat. Kalau saya pribadi menganggap segala sesuatunya tergantung dari kepercayaan masing-masing. Saya sendiri hanya bisa berdoa semoga mendapatkan keselamatan dan tetap mendapatkan perlindungan YME. Aamiin.

Dan yang terpenting bagi Saya, lokasi ini benar-benar menawarkan keindahan yang luar biasa. Saya sempet berfikir dulunya tempat ini dipake buat apa ya? Karena untuk meditasi itu sangat pas. Adem banget deh suasana di Curug Cimahi.

parkiran curug cimahi

Disini kita bisa ngerasain angin yang sepoi-sepoi. Lengkap dengan air terjun yang jatuh dengan indahnya. Dari kejauhan saya lihat seperti ada kabut yang menutupi air terjunnya karena memang debit air terjun ini cukup besar. Makanya ada garis pembatas untuk membatasi pengunjung dengan air terjun tersebut.

Kalau mau selfie-selfie yaaaa di pinggir-pinggirnya aja hehehe setelah berlalu lalang di curug cimahi, akhirnya saya pun ingin kembali ke daratan. *cieilah daratan maksudnya naik ke dataran tinggi seperti semula karena kan curug cimahi ini curugnya ada di dataran rendah yang bidangnya menjorok ke dalam.

curug cimahi rainbow

Saya pun lagi-lagi harus menaiki 250-an anak tangga yang sebelumnya saya turuni. Perjuangan naik tangga memang lebih menakjubkan ya, pemirsa. Hahaha pegel-pegelnya luar biasa, gatau deh itu citra gimana jadinya… apalagi dia pake boots dengan hak tinggi.

Akan tetapi justru citra duluan yang sampe ke atas dibanding saya hahaha dia ternyata lebih gigih berjuang dibanding saya hehe oh iya, sebelum naik ke tujuan di tengah-tengah tangga itu ada sejenis balcon yang bisa dikunjungi. Balcon ini biasanya tempat paling mainstream yang suka jadi rebutan kalo lagi berada di curug cimahi.

harga tiket curug cimahi

Saya ga sangguplah berebut tahta sama dedek-dedek gemes. Hahaha alhasil, saya Cuma nebeng sambil berdiri aja di tepi balcon nya. Kalo foto disini, emang view air terjunnya dapet banget. Udah gitu pas aja gitu posisi semuanya. Berasa kaya lagi nonton lukisan alam hehe

Baca: Chinatown Bandung, Tempat Wisata Pecinan di Bandung

Balik lagi ya.. singkat cerita saya berhasil naik ke atas. Dan saya beneran kehausan, langsung minum banyak hahaha tapi meski melelahkan, saya tetep seneng pernah berkunjung ke curug cimahi. Karena memang keindahan yang ada disana itu super duper menakjubkan. Namanya juga selalu bergelut dengan kemacetan kendaraan, jadi liat yang ijo-ijo kaya di Curug cimahi itu aslinya bikin segerrrr..

curug cimahi

Eh iya, curug cimahi juga punya nama lain lho. Curug Cimahi kerap kali disebut sebagai Rainbow Waterfall atau air terjun pelangi. Karena kalau kesini di malam hari, temen-temen akan lihat pemandangan yang menakjubkan di air terjunnya.

Yakni melihat air terjun yang terang benderang karena disinari lampu. Wah, ini mah ngga kebayang deh indahnya seperti apa. Pasti bakalan indah bangeeet.. waktu itu saya kesananya siang hari sih jadi belum kesampaian liat air terjun pelangi secara langsung. Memang sih air terjun pelangi a.k.a curug cimahi ini beda dan anti mainstream.

Buat yang penasaran, ini dia jam buka curug cimahi alias air terjun pelangi:

  • Minggu 07.00–20.00
  • Senin     07.00–20.00
  • Selasa   07.00–20.00
  • Rabu      07.00–20.00
  • Kamis    07.00–20.00
  • Jumat    07.00–20.00
  • Sabtu    07.00–20.00

 

21 Comments

  • tomi

    walaupun sudah dengar mitos, asalkan yakin dan percaya sama yang Diatas, saya doakan mba widya sama mas sandra bisa tetap langgeng hingga jenjang pernikahan mba amin amin..

    saya kalau kesana sepertinya cuma sampe balkon aja mba, gak berani turun takut gak kuat naik hahaha… airnya pasti dingin itu

  • zefy

    Mitosnya kan yang bakal kandas hubugannya kalau yang ke sana berstatus pacaran. Memang lebih pas kalau jalan ke sananya bareng pasangan halal hehee…suami gitu kan 😀

  • Rindang

    Pemandangannya bagus banget ya. Kalau tentang mitosnya, aku setuju sih. Biar yang pacaran dan mojok di sana ga berani berbuat yang macam2. Biasanya ada aja yang bandel berbuat aneh2 karena tempat wisatanya jauh dari keramaian.

  • lendyagasshi

    Mitosnya bikin merinding yaa, Wid…
    Tapi kalo ga dianter sama Sandra, sama siapa lagi doonk yaa…?

    Gigihnya perjuangan terbayangkan saat melihat pemandangan yang bikin adeeem di hati.
    Aku seumur-umur, belum pernah ke Curug.
    Hehhe…suka pusyiaang kalo ajak anak-anak.
    Jadi banyak khawatirnya…padahal mah…kayanya aman-aman aja yaa…

  • April Hamsa

    wow 250 anak tangga, gempor deh xixixix. Tapi kalau pemandangannya sebanding ya gpp sih 😀
    Hehehe soal putus gak putus emang kepercayaan sih, tapi kalau memutuskan ikatan pacaran lalu menyambung jd ikatan pernikahan why not xixixi

  • Dwi Ananta

    Indonesia emang kerenlah, mau air terjun, mau pantai, tersebar dari Sabang sampai Merauke. Untuk bisa ke sananya saja yang masih ribet hahaha… Ribet di transportasi. Suka sedih kalau lihat harga tiket ke Singapura jauh lebih murah dibandingkan ke Belitung.

  • Marfa

    Jadi terbayar dong mbak setelah 250 anak tangga itu hihihi, yang temennya Citra gimana bisa pake heels kan mau ke alam2 gitu ya ampun keinget temenku juga. Emang kalo curug buat meditasi itu enak banget

  • Nurul Fitri Fatkhani

    Udah sering banget lewat sini lewat jalur Parongpong, kalau dari Subang mau ke Bandung. Hanya sempat lihat dari jalan aja, belum pernah mampir ke dalamnya. Suka ngeliat monyet-monyet di pinggir jalan juga.
    Bener banget, saya juga pernah denger mitos yang berkembang di masyarakat. Memang sih, semua tergantung sama pribadinya ya…hati-hati aja, kalau di tempat wisata mah…

  • Sally

    Baca ini jadi pengen numpang mandi, airnya pasti segar…dan bersih. Harga tiket masuk nya juga terjangkau ya…

    Kalau harga makanan di warung sekitar curug,murah gak?

  • Siti Mudrikah

    Udah lama gak main ke curug, terakhir main ke curug di bogor. Kayaknya curug cimahi ini sm kayak curug cibodas di bogor yang harus berjuang saat menju kesana. Ke cimahi nisa nih main2 ke curugny

  • Jiah

    Aku blm pernah liat air terjun kalo malam. Jadi penasara apa keliatan kaya pelangi

    Di tempat lain, ada mitos juga ttg putus sama pacar kalo ke air terjun. Ya cuma mitos, tergantung keyakinan masing2

  • Hellofika

    Oh No Way. 250 Anak tangga… Huwaaaa aku nggak sanggup deh kayaknya.. ya nanti aku ke curug cimahi nunggu agak kurusan dikit deh ya.. sementara ini menikmati keindahan curug cimahi dari postingan ini dulu deh

  • Tukang Jalan Jajan

    Curugnya indah dan airnya bersih, sepertinya lingkungan masih terjaga dengan baik. semoga terus bisa lestari sehingga semakin banyak yang bertandang kesana. semoga tong sampah dan toilet umum dapat dibuat sebaik mungkin dan mudah diakses ya kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *